About Me

Bunda Zidan & Syifa
Mom with two kids. 32. Tukangjalan. Tukangbelanja. Tukangkue. Tukangroti. Tukangmakan. ;)
YM: inong99
email: inong99@yahoo.com

View my complete profile

Loket Kadeudeuh WSAB
Subscribe with Bloglines

Blog DapurBunda
Blog PuisiBunda

Previous Posts

Archives
Little Break



My Idol 2006


  • Little Chat
    Name :
    Web URL :
    Message :
    :) :( :D :p :(( :)) :x
    Credits
    Design by :


    Community

    Photobucket - Video and Image Hosting

    WSAB

    BlogFam Community

    Indonesian Muslim Blogger

    Blogfam Online Magazine

    Image hosted by Photobucket.com

    Solidaritas untuk anak Indonesia

    IndoSing-Mums


    Powered by Blogger



     Thursday, April 27, 2006 
    Orchard? Hare geneeeh?
    Kalimat di atas saya kutip dari jargon satu milis yang ditulis seorang kawan baik saya di pulau kecil mungil nan centil ini. Simple tapi cukup membuat saya terkikik geli. Orchard gitu lho. Jadi icon banget buat turis-turis Singapura.

    Ah, saya jadi ingat dulu. Pertama kali menginjakkan kaki di pulau ini, kira-kira dua belas tahun lalu. Ya, tujuan utama kami waktu itu ya cuma shopping di sepanjang Orchard Road. Karena memang cuma itu yang kami tahu. Keluar masuk mall dengan tas jinjing yang kian berat. Kalau tidak salah ingat, kurs rupiah masih sekitar Rp 1600,- per dollar Singapura. Tiket MRT juga masih yang dimasukkan lalu dilubangi begitu kita hendak keluar. Saya masih mengoleksi beberapa tiket MRT model itu. Saat itu juga masih ada Warner Bros Shop di Wisma Atria. As a big fan of Tweety, saya sempat punya foto berdua patung Tweety di depannya. Sayang, toko itu sudah nggak ada lagi sekarang. Pokoknya waktu itu Orchard Road bener2 bikin darah shopaholic saya menggelegak. Dan saya juga punya lho foto sendiri di bawah plang itu. Hahaha!

    Dua tahun kemudian kami sempat kembali lagi untuk sekadar memenuhi koper kami dengan barang-barang yang tertulis di dalam list belanja kami waktu itu. Beberapa hari di sini kami tidak beranjak ke tempat lain selain Orchard Road. Seakan-akan Singapura hanya terdiri dari sederetan mall di sepanjang Orchard Road saja.

    Pertengahan tahun 2000, lucky me, suami saya bertugas di Singapura untuk beberapa waktu. Kebetulan kami tinggal tidak terlalu jauh dari Orchard Road, apalagi apartment tempat kami menetap menyediakan free shuttle yang siap mengantar dan menjemput kami, para tenant, dari mal ke mal setiap hari dari pagi sampai malam. Dari situ saya mulai tahu ada beberapa mal besar selain di daerah Orchard Road. Tapi tetap saja itu mal-mal tujuan para turis. Seperti Great World City, Suntec Mal, de el el. Jadi hampir setiap pagi, selepas suami saya berangkat ke kantor, saya bersama teman senasib mulai mengukur jalan, kadang turun di halte pertama dan menunggu jemputan di halte terakhir. Dengan perut gendut (Zidan masih di dalam perut) saya masih sanggup berjalan dari Tanglin Mall ke Plaza Singapura. Kalau dibayangkan sekarang, Oh noo.. Udah gila kali yeee? Itu kan dulu, enam tahun lalu. Sekarang udah nggak sanggup deh ih, udah dua kali turun mesin lho. Hihihi.

    Waktu itu saya juga sudah mulai belajar belanja untuk keperluan sehari-hari. Karena di bawah apartment kami ada Eaton Minimarket, jadi nggak bingung-bingung deh kalau perlu sesuatu yang mendadak. Dari sayur sampai daging semua lengkap di sana. Kalau kurang ini-itu biasanya saya lari ke Cold Storage di Great World City, mal terdekat dari apartment. Ah, semua selalu beres dan mudah waktu itu. Apalagi ada Kakak Azizah, housekeeper kami yang baik. Yang sangat sayang pada saya, sibuk menanyakan semua kebutuhan saya sehari-hari, pada beliau kadang saya suka menitipbelikan pisang tanduk sampai hati bahkan ekor sapi. Betapa baiknya beliau, di mana ya sekarang?

    Siapa sangka lima tahun kemudian, saya berkesempatan untuk kembali menemani suami saya mengais nafkah di pulau aman tentram dan damai ini lagi. Walau sekarang sudah berubah status menjadi ibu beranak dua. Ya ampun, cepat sekali waktu berlalu. Sekarang kami tinggal jauh dari Orchard Road. Harus melewati delapan belas stasiun MRT kalau lewat jalur merah. Dan beberapa stasiun lebih cepat kalau lewat jalur hijau. Atau mengeluarkan uang sekitar S$13 kalau dikejar waktu dan memilih untuk naik taxi. Ada sebuah mal cukup lengkap di dekat tempat tinggal kami, dan dua buah wet market idaman di kiri dan kanan, juga teman-teman dekat yang menyebar di radius yang tidak terlalu jauh dari rumah. Kalau mau jalan menyusuri beberapa stasiun MRT ke arah utara, barat, atau selatan, banyak mal-mal kecil bahkan tempat perbelanjaan yang wajib untuk dikunjungi dan dijamin bukan tempat nongkrongnya para turis. Dengan harga yang masih rasional. Bukan harga turis, katanya.

    Ada beberapa potongan obrolan tentang Orchard yang masih saya ingat, dan mungkin harus saya tulis di sini. Beberapa di antaranya..

    "Orchard road, haa? It's just for tourists laaa... So many expensive things. Not OK for me, laa." kata Uncle taxi-driver kami suatu hari. Kami cuma senyum-senyum menanggapinya.
    "Tinggal di Singapur ya? Di mana?" tanya seorang kawan saya suatu pagi lewat jendela Y!M.
    "Bukit Batok, tau gak?"
    "Oh, gak tau. Belah mananya Orchard?" balasnya polos.
    "Rumah lo jauh dari Orchard?" tanya kawan saya lainnya.
    "Mayyaan.."
    "Gak elit dong."
    "Hihihi. Penting, ya?"

    "Rumah saya di daerah Orchard, kamu di mana?" kata Ibu-Pejabat-Wannabe di Bandara tempo hari.
    "Di Bukit Batok, Bu."
    "Ooh, jauh itu. Di ujung dunia."
    Hahaha. Ternyata Ibu itu tau juga ya tentang ujung dunia.


    Begitulah. Betapa Orchard Road masih jadi patokan para turis, termasuk teman-teman saya di Indonesia. Bahkan untuk mempermudah mereka, kadang saya harus mengalah mengatur jadwal pertemuan di sekitar Orchard Road. Walau saya juga cukup sukses menggiring beberapa orang teman untuk bertemu di West Mall, mal kebanggaan kami warga Bukit Batok dan sekitarnya. Hehehe. Bener deh kata lo Mel, "Orchard? Hare geneeh?"
    posted by  on 9:29 PM 
    24 Comments:
    Anonymous Anonymous said...

    Lama juga nihh mbak Inong tinggal di Spore. Gw 4x udah ke Spore tapi blon pernah ke Orchard, denger doang... Oyang cuma transit di airportnya tok :D
    11:23 PM  
    Blogger Dhonatneth said...

    Iya yah, dipikir2 orchard tuh kenapa selalu dijadiin patokan... terutama takashimaya.... **icon garuk-garuk kepalad** hehehehe
    11:47 PM  
    Anonymous Anonymous said...

    Udah beberapa kali saya janjian sama temen-temen yang datang dari Indonesia ke Singapura, pasti ketemuannya selalu di Orchard Road. Jadi, jangan heran... :)
    12:05 AM  
    Anonymous Anonymous said...

    heheh, i remember the warner bros store too, i still have the winnie the pooh organizer from there from a long time ago....tapi sekarang udah jadi top shop yaahh, yah saya kalo di suruh milih mendingan ke top shop sih sekarang daripada ke warnes bros..hehehe....
    2:07 AM  
    Anonymous Anonymous said...

    Orchard gampang diinget sih, coba suruh inget2 Bukit Batok, bisa2 salah inget jadi Bukit Botak, atau Bukit Kotak, atau Bukit Kodok, atau Bukit Mangkok (maksa) hahaha.

    Makanya kalo mau ambil titipan juga di Orchard khan ?
    4:47 AM  
    Anonymous Anonymous said...

    hihi..aku tau bukit batok dimana, bun.. soalnya dl ex aku tinggal disono. tp kalo aku sendiri..dulu di kembangan.. lbh jauh lg dr tmpt bunda. krn itu udah ujung2nya yg line ijo.. ga suka orchard ah..rame, pusing! enakan suntec dong ya, bun... =D
    5:50 AM  
    Blogger Ophi Nurwicaksono said...

    teh, ke orchard yuk...

    maab atuhh pan belum pernah ke SG, eh udah ding di Airportnya..hihihii
    7:15 AM  
    Blogger ~Bunda ShaHaRee~ said...

    kapan2 klo kami ke sing, janjian di orchard ya bun hihihi ....
    7:50 AM  
    Blogger kiky f said...

    kan paling gampang janjian emang disana mbak, specially turis kaya' ortu gue githu, plus foto2x depan airmancur takashimaya tentunya...hahahhaha
    10:09 AM  
    Blogger Jeng Ungu said...

    kalo bokap daku, hobi sih ke orchard, jalan2 ato duduk cengo di depan takasahimaya sana liatin org jalan *katanya orgnya keren2, maksudnya trendy2 gitu lah*

    tapi pas lage puyenk mo nyari condo disini, ngmgnya ke emak: " Pokoknya ga boleh deket orchard, mao dikasih harga miring ( which is so impossible) juga ga boleh!! Tar anak gua rusak semua kalo deket2 orchd, kaga pulank ke rumah blajar malah ngelayap trus sampe malam di sana! "

    LAGEAN SG SEKECIL SEMUT GITU!! Mao tinggal mana aja sama aja dah, uda banyak bus gitu loh, ada mrt yg cepet gitu loh, kok ada yg ngmg di ujung dunia yah, Bun?!?! *geleng kepala*
    10:53 AM  
    Blogger Inayah said...

    he he he...ikutan angkat tangan akh! soale, aku kalau janjian sama orang selalu di Orchad yang jadi patokan, apalagi dari Commonwealth mah gak jauh Nong. Soale kalau gak janjian disitu, biasanya temen yang mau ketemu suka rada-rada kuper gitu...akhirnya, Orchad lagi-Orchad lagi...:))
    11:39 AM  
    Anonymous Anonymous said...

    Bunda Inong, lama tidak menyapamu dan belum jg kesampean ketemu:-D
    kalo mo ke orchard udah pernah nyoba naik bus 174 atau 77 belum? seingetku lbh cepet drpd naik MRT.

    Lia @ arsyhanifa.blogspot
    11:54 AM  
    Blogger BundaZidan&Syifa said...

    mama meyra> ntar kalau ke sini lagi mampir yaa..

    dhonat>> sini aku bantu garuk2,.. hihihi

    mas indra>> iya, gak heran kok.. hehehe

    hanzky>> aduh tapi aku kangen warner brooosss...

    cabe keriting>> kapan2 mampir bukit botak ya..

    kumala>> yuk, udah lama gak ke suntec nih.. hehehe

    ophi>> kalau dirimu ke sini mah kemana aja hayu deh..

    mbak lilik>> ayoooo.. siapa takuuut?

    kiky>> iya.. bener.. kamu juga punya ya foto di situ? hihihi

    yulie>> beneeeeeer bangetttt...

    ina>> iya bener, orchard lagi orchard lagi..

    lia>> bis2 itu gak lewat daerahku say..
    12:04 PM  
    Blogger Bunda Raffee said...

    wah klo ntar beti ke spore janjian ma teh inong di Bukit Batok aja kli ya hehehe......
    12:23 PM  
    Blogger Mel said...

    pokonya, westmall da best ya, Bun..kekekekeke
    12:23 PM  
    Blogger Bunda Reva said...

    ooo jadi rumahmu nggak elit ya... *manggut2*
    ooo jadi daerah tempat tinggalmu itu di ujung dunia ya... *manggut2*

    hahahaha... nggak penting pisan ! :))

    btw aku pernah naek MRT ke arah NTU. sampe station terakhir ya, apa tuh namanya, Boon Lay ato Punggol hihihi lupa euy. dari situ trus naek bus.
    abis dari NTU balik lagi, naek MRT yang ke arah Sentosa. Harbour Front ya nama station-nya ?
    bukit batok yg ke arah mana Nong ? hehe
    12:49 PM  
    Blogger munky & yoga said...

    hehe...biar bukit batok dibilang ujung dunia..gimana kalo ibu itu maen ke jkt ya? ujung galaxy kalee..hehe..
    1:57 PM  
    Anonymous Anonymous said...

    Teh Inong, saya jadi inget pas taon 80-an dulu pas saya masih SD, temen temen saya lagaknya minta ampun kalo udah pernah ke Singapore. Dikit2 ngomongin Orchard Road, sama pada beli kaos Giordano hihihi... Kalo saya mah, ngeliat Orchard Road udah pusing, isinya orang Indonesia semua.
    1:49 AM  
    Anonymous Anonymous said...

    aku udah gak inget gimana s'pore lagi Nong...pasti berubah banyak ya, kayak Jkt gak diliat 10 thn, tau2 udah pangling
    6:02 AM  
    Anonymous Anonymous said...

    Wehehehehe.... gue dong, lebih ujung dunia lagiii... Jurong West! 4 taun lebih gitu, loh. Tinggal di ujung dunia, hehhehee... Hidup West Area!
    11:20 AM  
    Blogger Mama-Cat said...

    iya nih..orchard udah jadi icon... gag lengkap pergi sing kalo gag ke situ... jadi inget masa2 belanja dulu ;) Ntar si smoochy difotoin pas lagi nyalon....
    2:52 PM  
    Blogger Ellen Widyasari said...

    tampines mall ah yang paling toubb..hihihi
    daripada ke ocad, mendingan ke geylang atawa tekka deh ah :)
    10:27 PM  
    Anonymous Anonymous said...

    Bun, kalo menurut Ibu-pejabat-wannabe- itu bilang dari Orchard ke Bukit Batok itu diujung dunia, laahhh gimana dari rumah gue ya? dari timur ke barat..muanttaabb..
    Wah...gak nyangka ternyata Bunda juga pernah ngerasain rute-ku sekarang ini ya..Tanglin Mall ke Plaza Singapura, bedanya gw 2x seminggu wajib kesana..hehheeh olahraga sambil belanja..cieehh gaya banget..
    5:30 PM  
    Blogger Innuendo said...

    hehehhe ngetop banget yak orchard. dulu my hampir mantan (lol) kalo gak salah sih tinggalnya di bukit batok. height house namanya. bukit batok apa bukan ya ? hehhe

    dulu aku tinggalnya di upp bukit timah (dekat khan nong ?) ama jurong west. depan china garden MRT, jurong west ama east ya ? pernah di little india juga, di bencollen juga hahhaha pindah2x
    9:58 AM  

    Post a Comment

    << Home




    Daisypath Ticker