About Me

Bunda Zidan & Syifa
Mom with two kids. 32. Tukangjalan. Tukangbelanja. Tukangkue. Tukangroti. Tukangmakan. ;)
YM: inong99
email: inong99@yahoo.com

View my complete profile

Loket Kadeudeuh WSAB
Subscribe with Bloglines

Blog DapurBunda
Blog PuisiBunda

Previous Posts

Archives
Little Break



My Idol 2006


  • Little Chat
    Name :
    Web URL :
    Message :
    :) :( :D :p :(( :)) :x
    Credits
    Design by :


    Community

    Photobucket - Video and Image Hosting

    WSAB

    BlogFam Community

    Indonesian Muslim Blogger

    Blogfam Online Magazine

    Image hosted by Photobucket.com

    Solidaritas untuk anak Indonesia

    IndoSing-Mums


    Powered by Blogger



     Wednesday, September 07, 2005 
    Moon Cake & Lantern Festive
    Sekarang, kalau jalan2 di mall2 kayaknya di mana2 temanya lagi sama deh.. menyambut Moon Cake & Lantern Festival. Semua stands kalo gak jualan Moon Cake ya jualan Lantern alias lampion. Lucu2 banget deh. Moon cake warnanya juga gak cuma coklat aja, tapi mejikuhibiniu gituh.. Bunda pengen banget beli, tapi masih gak berani, takut gak halal.. Hehehe..


    Di Takashimaya, Bunda sempat liat cara mereka buatnya. Seru juga, seandainya aku bisa.. hehehe.. cetakannya juga lucu2 banged. Mau ah belajar, kapan2. Biar bisa yakin kehalalannya. Resepnya ada di blog DB ya.. silakan dicoba..

    Lampionnya juga kiyut2 banget. Warna-warni, segala ukuran, segala bentuk. Duh.. kalau gak mikir bingung mo dipasang di mana rasanya udah pengen beli aja.. (Ada yang Doraemon juga lho Tante Erza!) Selain dari kertas ada juga yang dari plastik. Aduuh bener2 menggoda iman.. Untungnya Zidan gak suka, mungkin dia juga mikir, buat apa ya.. hehehe.




    Ini ada legenda tentang Mooncake dari SuaraPembaruanDaily

    Moon Cake dan Legendanya

    Puluhan tahun lalu, ada seorang kaisar di Cina. Dia sangat pemberani. Kaisar ini konon sangat mengagumi seorang gadis cantik dan ia menyuruh gadis cantik itu untuk tinggal di istananya agar setiap saat dia bisa memandang kecantikannya. Tetapi gadis ini ketakutan melihat kaisar. Karenanya, sang kaisar selalu membawakan sekeranjang buah tangan dan hadiah agar gadis itu mau berbicara dan tersenyum.

    Setiap bulan purnama, gadis itu selalu menyalakan lilin dan berdoa pada bulan. Ini karena kepercayaan bahwa ada dewa yang hidup di dalam bulan sehingga menjadikan bulan terang benderang. Kepercayaan ini juga membawa pada pengharapan bahwa para perempuan yang ingin cantik dan bersuamikan pria tampan, harus memberi penghormatan pula, pada bulan.

    Suatu ketika di bulan ke delapan, kaisar membawakan tiga butir pil dari ramuan tumbuh-tumbuhan kepada si gadis. Tiga pil itu akan membuat si gadis itu hidup kekal. Tetapi apa lacur, akibat tiga butir pil itu si gadis terbang. Sang kaisar gagal menangkapnya, hingga gadis itu hilang ditelan bulan purnama.

    Hal itu menjadi legenda dan orang-orang percaya bahwa gadis itu tinggal di bulan. Karena itulah setiap bulan ke delapan dalam setahun, atau saat musim gugur di Cina, orang-orang melakukan penghormatan untuk mengenang peristiwa itu dan menghormati sang gadis. Penghormatan tersebut diwujudkan melalui kue-kue bulan atau Moon Cake.

    Pengenangan atas Moon Cake juga diteruskan saat bulan purnama tahun 1280-1368. Saat itu bangsa Mongolia telah menghancurkan Dinasti Song dan menguasai Negeri Cina selama dinasti Yuan. Di bawah kekuasaan Mongolia, Cina tertindas sehingga merencanakan untuk melakukan perlawanan pada perayaan bulan ke delapan atau Agustus tahun itu. Karena bangsa Mongolia tidak mengetahui tradisi Moon Cake, maka bangsa Cina pun mengirim pesan melalui Moon Cake yakni dengan menyisipkan kertas berisi pesan rahasia ke dalam kue itu.

    Sejak saat itulah, tradisi Moon Cake bukan cuma mengenang cerita gadis cantik yang terbang ke bulan, tetapi juga tentang perjuangan bangsa Cina melawan Mongolia.
    posted by  on 9:04 PM 
    10 Comments:
    Blogger Riani said...

    wah lantern festival.. & mooncake
    jadi inget setahun yll.. hehehe...
    bw pulang mooncake rasa duren ke jakarta, tapi krn masuk bagasi jadi lembeeeek males juga kalo dimakan.. hihihi...
    10:28 AM  
    Anonymous Shanti-indopoly said...

    Bund...menurut temen2ku di kantor nih..mooncake itu bikin nya pake minyak babi..jadi ngga halal, so...waspadalah!!hehehe
    2:53 PM  
    Blogger BundaZidan&Syifa said...

    iya Shan.. makanya aku cuma jadi penikmat bentuk aja.. hehehe, gak berani..
    3:16 PM  
    Anonymous yuni said...

    kalo mooncake yang dijual di jakarta halal ato gak nong? dulu pernah beli di clubstore, enak banget, ampe sekarang suka terbayang2... jangan2 gak halal ya?

    btw, lagi rame lantern festival sama mooncake mo nyambut apa sih nong?
    4:00 PM  
    Blogger BundaZidan&Syifa said...

    Aku gak tau Yun, tapi aku udah posting resep mooncake di blog DB, liat deh, gak pake minyak babi kok ;) Oya.. ini dalam rangka merayakan Hari Legenda Mooncake itu sendiri..
    4:22 PM  
    Blogger nuuul said...

    yg di swensen halal kok mbak. hehehe, kali aja pengen nyobain.
    8:14 PM  
    Anonymous mamaXQs said...

    Mamee...ngomong2 udah bawa anak2 ke Chinese Garden liat Lantern Safari blom? Klo belom itu harus dikunjungi , dijamin pada ngga mau keluar dech!! Khan deket tuch dari bukit batok....yg dari pasir ris aja bisa nyampe loh mamee!! Oh iya jum'at sekitar jam 5-6an mamee2 ISM pada mau ketemuan loh...ikut??
    1:11 AM  
    Anonymous yuni said...

    wah, makasih bun, ada update-an mengenai festival mooncake:-)
    4:59 PM  
    Anonymous Cabe Keriting said...

    Ahhh si Kaisar pegimana sih, kok bisa2nya salah beli pil. Makanya kalo ke toko obat jangan sembarangan ya, Bun, takutnya minum pil terbang lagi hihihi
    12:09 AM  
    Blogger bibipbondry said...

    waa jalan2 di orchard hiks..kenangan tuh jalan dari ujung keujung...gara2 nyari2 hard rock hiks cuman mo beli kaosnya dong bun. tapi kalo kue mooncake blom pernah liat kite hehe...
    1:49 PM  

    Post a Comment

    << Home




    Daisypath Ticker