About Me

Bunda Zidan & Syifa
Mom with two kids. 32. Tukangjalan. Tukangbelanja. Tukangkue. Tukangroti. Tukangmakan. ;)
YM: inong99
email: inong99@yahoo.com

View my complete profile

Loket Kadeudeuh WSAB
Subscribe with Bloglines

Blog DapurBunda
Blog PuisiBunda

Previous Posts

Archives
Little Break



My Idol 2006


  • Little Chat
    Name :
    Web URL :
    Message :
    :) :( :D :p :(( :)) :x
    Credits
    Design by :


    Community

    Photobucket - Video and Image Hosting

    WSAB

    BlogFam Community

    Indonesian Muslim Blogger

    Blogfam Online Magazine

    Image hosted by Photobucket.com

    Solidaritas untuk anak Indonesia

    IndoSing-Mums


    Powered by Blogger



     Wednesday, November 23, 2005 
    Kalau Zidan mengigau..
    Zidan suka mengigau dalam tidurnya. Gak jelas nurun dari siapa, yang pasti Ayah emang suka mengigau kalau lagi tidur. Apalagi kalau lagi sibuk banget di kantor. Pasti deh kebawa2 ke rumah alias masuk ke dalam mimpinya. Pernah suatu malam Bunda terbangun karena kaget Ayah setengah berteriak sambil tidur..
    "Pick up the phone! Pick up the phone!" terus tidur lagi. Hehehe.

    Nah ini nih yang kayaknya nurun ke Zidan. Wayaw! Dari kecil Zidan suka mengigau selama tidur. Gak setiap hari sih, tapi udah bukan hal baru lagi kalau kami suka tertawa kecil mendengar igauannya. Lucu lucu sih.. Nggak sampe jalan sambil tidur sih, tapi adaaa aja yang diucapkannya. Kadang2 seperti sedang ngobrol dengan temen di sekolah, atau ketawa geliii seperti sedang dikelitikin.

    Bunda jadi penasaran, sebenernya apa sih yang menyebabkan seseorang mengigau? Bahaya nggak sih? Cari2 di internet akhirnya ketemu juga..

    Si Kecil Sering Mengigau Saat Tidur
    http://www.dunia.web.id/lookssegmen.asp?id=301&hal=1&ids=1&idb=3&pgl=True

    Mengigau atau somnambulism yaitu keadaan di mana orang yang sedang tidur tiba-tiba "terbangun" dan kemudian bangkit, berjalan, atau berbicara sendiri. Usai kegiatan singkat itu ia akan melanjutkan tidurnya. Penyakit ini tentunya sangat mencemaskan para orang tua, ketika anaknya terkena somnambilism. Bisa saja pada saat tidur si anak berjalan sendiri dan melakukan hal hal yang dapat mengancam jiwa si anak. Spt, berjalan mendekati kompor atau keluar rumah dll.

    Anda tidak perlu khawatir karena penyakit ini bukan lah penyakit abnormal yang munculnya karena pembawaan dari lahir. Kegiatan kegiatan pada saat tidur ini hanyalah mimpi yang disertai aktivitas fisik tanpa disadari. Untuk mengatasinya Anda hanya perlu melatih anak anak agar tidak terlalu sering mengigau.

    Mengapa Sering Mengigau

    Mengigau sering terjadi pada anak - anak yang aktif menggerakkan tubuh seperti berlari-lari, berteriak, kejar-kejaran dan sebagainya.
    Pengalaman pengalaman yang terjadi sebelumnya bisa menjadi penyebab anak mengigau dalam tidurnya. Di antaranya kejadian yang manakutkan atau yang mengesankan.
    Emosi yang berlebihan juga bisa membuat anak mengigau. Ungkapan kegembiraan dan kekesalannya terlontar ketika anak tertidur.


    Cara Mengatasinya

    Mengigau dapat hilang dengan sendirinya sejalan bertambahnya usia anak.
    Usahakan anak cukup tidur siang.
    Redam aktivitas anak yang berlebihan.
    Kendalikan emosi anak seperti ketika Anda memarahinya. Hardikan yang keras bisa membuat anak terguncang emosinya.
    Bila anak mengigau, tenangkan dengan memeluknya dan usap usap punggungnya. Biarkan dia mengeluarkan "cerita" tidurnya sampai tuntas.
    Jangan bangunkan anak di tengah-tengah igauannya. Karena bila anak terbangun dia akan mengalami shock ringan.
    Ganti pakaiannya ketika mulai basah oleh keringat. Tidurkan kembali dengan tenang.
    Berikan rasa aman saat anak beranjak tidur. Misalnya dengan cerita dongeng yang menarik.
    Dampingin anak hingga ia benar benar terlelap atau biarkan lampunya menyala ataupun membiarkan pintunya terbuka agar anak merasa nyaman dan tenteram di dalam rumah./
    wanita indonesia@dunia

    Semenjak di sini kebiasaan itu belum juga hilang. Lucunya, ada yang berubah. Apa coba? Iya... ngigaunya jadi in english! Hahaha. Ada-ada aja yaaa...

    Seperti beberapa malam lalu, Zidan teriak,

    "Mommyyyyy... I want toooo eeeeeeaaaaaaaaattttt ..... !"

    Bunda sampe kaget, tapi jadi geli sendiri. Mungkin dia mimpi kelaparan di dalam tidurnya.

    Siang ini, berdua Zidan dan Syifa tidur di ruang TV. Tiba2 Zidan bangun, terduduk, matanya ngeliat ke Bunda, terus bilang..

    "Mommy, why the baby is so small?"


    Lalu gak ada ba-bi-bu selanjutnya, sambil pindah posisi, terus tidur lagi deh... Hehehe.
    posted by  on 4:07 PM 
    14 Comments:
    Blogger ~ Bunda ShafaHafiz ~ said...

    hihihi ... abang abang ... lutju banget deh dikau ;-)
    apalagi ngigaunya berubah jg in english hihihi .....
    eniwe, met siap2 pulang kampung ya mba ;-)
    4:41 PM  
    Anonymous wong grage said...

    Bunda.. aku juga suka ngigau... Kalo ngigau, bahasa jerman & inggris keluar.

    Mungkin dari kecil suka ngigau kali... Sampe skarang masih berlanjut. Any advice? Btw, lam kenal...
    4:48 PM  
    Anonymous Irma said...

    wadoohh.. hahaha abang zidan lucu bangett! kalo aku mah bukan anaknya, tapi papanya yang suka ngigau! tapi malah bersyukur, hihihi.. jadi papanya syifa ga bisa punya rahasia! heuhe soalnya pasti ketauan lwt ngigaunya.. ;)
    5:33 PM  
    Blogger Ophi said...

    hihii MB ge suka ngigau, tapi ngigauna grokkk grokk kitu, eh eta mah ngorok nya hehe

    bun eta meuni waas ningali karpet tidurnya, bawa dr indo yah? di rumah si mamah ge aya di amparkeun di ruang tengah, buat ponakan2 saya..
    7:46 PM  
    Anonymous rahma said...

    iiihh, kok sama sih ama abang ayra?!
    ayra jg suka ngigau bun.., tapi skrg udah lumayan..deh, walah ditengah2 tidurnya..suka kebangun..terus mandang2..terus bobo lagi..
    thx ya..artikelnya.., boleh aku keep?
    10:22 PM  
    Blogger erfi said...

    Waaa abang Zidan kalo ngingau lucu yaa.. hihihi.. bisa kelaparan juga ya bang kalo lagi tidur..? :P
    10:36 PM  
    Blogger munky & yoga said...

    hehe, sama dong kaya aku..tp sekarang dah berkurang..dulu waktu kecil bisa sampe turun dari tempat tidur yang tingkat atau jalan keluar rumah mau buka pager..hehe.
    yang pasti zidan top banget deh..ngigo aja pake basa inggris..
    12:01 AM  
    Anonymous Anonymous said...

    zidan..kamu tuh lucu banget sih...:))

    kebanyag zidan kalo lagi ngigau...gimana gak awet muda ya nong...lah dua kurcacinya bikin ketawa mulu.. :D

    nong mana tiwulnya...
    eh met mudik ya..berapa lama??? nitip oleh2 deh... ;;)

    -ari-
    4:06 AM  
    Anonymous moenk said...

    hahahaha soal ngigau mengigau ...jd inget temen mung di pondok dulu,..dia ngigaunya malah langsung ngepel selantai kamar...mayan sih..bangun2 subuh jd bersih kinclong! :D zidan...jgn sampe ngigau jalan ke dapur trus buka2 kulkas yaa? ;)
    7:11 AM  
    Blogger Bunda Reva said...

    wuah... lega rasanya, ternyata suamiku gak sendirian ! hahaha
    persis deh kayak haris, suamiku suka ngigau masalah kerjaan :D

    sekarang udah berkurang sih. dulu mah sampe bisa tanya jawab. aku suka iseng, kalo dia ngigau, aku tanya. eh dia jawab lho, nyambung, pdhal msh dlm keadaan ngigau ! haha
    10:43 AM  
    Blogger Bunda Raihan said...

    klo raihan sih ngigonya klo banyak dilarang "gak boleh" sambil kasih lima tangan, ntar dia ngigonya gitu juga...lucu aja liatnya...lagi tidur teriak2 "gak boleh"..."gak boleh"
    2:12 PM  
    Blogger Widi dan Pandu Nugroho said...

    Anak kecil emang suka ngigau kali ya? anakku juga kalo ngigau heboh. Gemes banget liat foto Zidan sbg calon guru besar UI, cakep, lucu dan bulat sempurna. Haris kecil gitu juga kali ya? ;)
    7:05 PM  
    Blogger Fortuna said...

    hihihi! pasti lucu banget ya? My little daughter juga suka ngigau dan panjang. Awalnya jelas... lalu sayup-sayup menghilang.. tau-tau udah zzzzzz.... Ini sudah pasti turunan maminya. But, mami lebih parah... Karena pake jalan-jalan segala. Bisa sampe depan pager rumah. Malem-malam pula... Hihihi!
    7:56 PM  
    Blogger ruthy said...

    hahahhaa...lucu amat ngigo kok bisa nurun yaaa...hihihiiiii...
    next time divideoin lucu kali yaaa...jadi ntar kalo zidan dah gedean trus dikasih liat deh....buat koleksi aja....
    3:34 AM  

    Post a Comment

    << Home




    Daisypath Ticker