About Me

Bunda Zidan & Syifa
Mom with two kids. 32. Tukangjalan. Tukangbelanja. Tukangkue. Tukangroti. Tukangmakan. ;)
YM: inong99
email: inong99@yahoo.com

View my complete profile

Loket Kadeudeuh WSAB
Subscribe with Bloglines

Blog DapurBunda
Blog PuisiBunda

Previous Posts

Archives
Little Break



My Idol 2006


  • Little Chat
    Name :
    Web URL :
    Message :
    :) :( :D :p :(( :)) :x
    Credits
    Design by :


    Community

    Photobucket - Video and Image Hosting

    WSAB

    BlogFam Community

    Indonesian Muslim Blogger

    Blogfam Online Magazine

    Image hosted by Photobucket.com

    Solidaritas untuk anak Indonesia

    IndoSing-Mums


    Powered by Blogger



     Wednesday, August 24, 2005 
    Saat Zidan Krisis Nasionalisme
    Semua memang serba kebetulan. Jadi pas Zidan masuk sekolah di sini, para guru dan murid memang lagi sibuk nyiapin acara dan perlengkapan untuk Singapore National Day. Dari bendera, lagu2 wajib sampai lagu kebangsaan mereka. Bisa dibayangkan, setiap hari Zidan dicekokin lagu-lagu itu. Padahal lagu wajib negara sendiri juga belum banyak yang hafal.

    Tadinya sih gak gitu khawatir, karena namanya juga anak2 kan. Sampai suatu saat di mana Bunda bener2 ngeh dan merasa ini semua hukumnya wajib diluruskan. Hehehe.
    Jadi pas pulang sekolah, Zidan sibuk sendiri menghafal lagu..
    "WE ARE SINGAPORE.. SINGAPOREAN" dengan nada yang nggak Bunda kenal. Belum lagi lagu2 "MAJULAAAH SINGAPURAAAA...." Ya, Bunda tau kalau itu lagu kebangsaan Singapura, tapi lagu Indonesia Raya sendiri kan Zidan belum hafal, secara di TKnya dulu juga belum ada upacara2 seperti kalau di SD. Lalu Bunda stel midi lagu2 wajib dan lagu nasional yang Bunda punya. Sambil nyanyi2 bareng Syifa. Eh Zidan kok cuma diam bergeming ya. Cuek banget. Tidak perduli gitu. Ah, pasti mesti pelan2, toh dia juga masih terlalu kecil untuk mengerti semua ini.

    Lalu sampai di hari H-nya. Tanggal 9 Agustus lalu, Zidan sudah siap dengan seragam wajib yang harus dikenakan hari itu. Merah-Putih. Ah, Bunda jadi inget bendera sendiri. Tapi di kita kok gak pernah disuruh pake baju Merah-Putih ya, pasti putih-putih aja. Hari itu semua murid di sini pakai seragam Merah-Putih. Bunda ngebayangin, bagus juga ya kalau seragam ini juga dipakai di sekolah2 di negeri kita. Bukan Putih-Merah seperti seragam SD, tapi bener2 Merah-Putih.

    Pulang sekolah, Zidan terlihat bahagia sekali. Dia bawa prakarya buatannya sendiri.. BENDERA SINGAPURA! Memang merah putih juga seperti dwiwarna kita, tapi dengan tambahan 5 buah bintang dan 1 buah bulan sabit di kiri atasnya.

    Dan dengan bangganya Zidan bilang..
    "Bunda, ini bendera Abang! Bagus ya?"
    "Ya, itu bendera buatan Abang, bagus sekali. Rapi nak." Bunda mencoba meluruskan sedikit.
    "Iya, Bun. Abang bikin sendiri lho. Hebat ya?"
    "Iya, hebat. Abang pinter."

    Tapi ternyata nggak cuma sampai di situ. Sejak hari itu setiap melihat bendera Singapura, Zidan langsung berseru,
    "Nah itu bendera Abang!"
    dan Bunda juga gak cape2 meluruskan,
    "Bukan Sayang, itu bendera Singapura. Bendera Abang memang merah putih, tapi tidak ada bulan dan bintangnya."
    "Ah, Bunda gak percaya siiih.." Awal2nya Zidan memang gusar, tapi lama2 dia diem aja.
    Tapi tetep kalau di TV ada diputar lagu Majulah Singapura atau We Are Singaporean, dia ikutan nyanyi. Malah bisa bilang "Ah Bunda gak hafal sih.. sini Abang ajarin!"

    Pas tujuhbelasan kemaren, sayangnya Bunda gak bisa ngibarin Bendera Merah-Putih, tapi Bunda bilang ke anak2, kalau sekarang Hari Merdeka-nya Indonesia. Bunda stel lagu Indonesia Raya, nyanyi bareng Syifa. Syifa malah antusias sambil nari2. Zidan cuma senyum2 aja.

    Lucunya kemarin, Zidan pulang sekolah curhat ke Bunda. Dengan muka sedih dia cerita,
    "Bunda, kata Teacher Jehan, Abang bukan orang Singapura, tapi orang Indonesia."
    "Iya, bener Nak..."
    "Iya, tapi Abang nggak mau, Abang maunya jadi orang Singapura, karena di sini teman2 Abang banyak dan baik2 sama Abang, nggak kayak teman2 di Jakarta. Pokoknya Abang nggak mau pulang ke Jakarta, Abang mau di sini aja. Jadi orang Singapura."

    Nah lho? PR Besar buat Bunda nih.. Doain yaaa...!!
    posted by  on 10:46 AM 
    11 Comments:
    Anonymous clodi said...

    wah, perlu diceritakan lebih banyak tentang indonesia kali yah bun? biar nasionalismenya bisa bertumbuh..
    12:56 PM  
    Anonymous ei said...

    hahaha...(ini ketawa buat postingan yg sebelumnya)...
    si teteh, abong keneh tiasa online 7x24 jam seminggu, rajin pisan updatena euy...
    iya bun, pe er bunda tuh menumbuhkan nasionalisme... emang sih negara kita saat ini semakin susah yah buat dibanggain hiks ...
    2:16 PM  
    Anonymous nani said...

    Bunda,..apa kabar...
    Zidan pernah nonton pawai pas 17-an di Jakarta khan..
    Kalo pawai biasanya ada yang pake baju pahlawan, perang, dsb-nya..
    Soalnya sepupuku juga pernah krisis gitu, trus dicritain panglima Sudirman, dia kenalnya Sudirman yang bikin Indonesia tidak tembak2tembakan lagi.. -)
    Sudirman yang digotong2 itu yang bikin Indonesia merdeka.. ha9..
    2:17 PM  
    Blogger linda said...

    mungkin waktu di Jakarta abang trauma dg sikap temen² nya bunda. gpp, sabar aja bunda. nanti juga abang akan bangga kok jadi bangsa Indonesia :). iya bunda tak doain semoga doanya bunda dikabulin, amin
    2:56 PM  
    Anonymous panitia lomba 17-an blogfam said...

    Peserta, entry lomba di blog ini, panitia posting juga di blog khusus http://lomba-blogfam.blogspot.com untuk keperluan kemudahan member Blogfam dalam memilih 'pemenang favorit lomba entry 17-an Blogfam' yang akan dilaksanakan pada 26-29 Agustus 2005 di Galery Kreasi Blogfam. Mengingat jumlah peserta lomba entry mencapai 61 peserta. Pesan ini sebagai pemberitahuan. Terima kasih atas partisipasi dan kesediaannya. Selamat Berlomba ;)
    5:20 PM  
    Anonymous Anonymous said...

    waduh nong...aku juga suka 'serem' kalo anakku bilang...mau jadi orang jerman aja...kaburrrrrrr :D

    -ari-
    5:50 AM  
    Blogger hotma said...

    Jangan menyerah Bun, tetap smangat yahhhhh :D Merdekaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhh merdekaaaaaaaaahhhh! Smangat euy memperkenalkan Endonesiah eh Indoensia :P
    5:46 PM  
    Anonymous rahma said...

    dduhh, bunn...pantang menyerah yaa..., terus berjuang..!!

    salam merdeka buat abang Zidan san Syifa..!!

    btw, kemarin ayra nanya, negara itu siapa ma? soalnya katanya ulang tahun dan lilinnya buanyak banget!! (ih, nyambung nggak sih?!)
    1:39 AM  
    Blogger jellyjuice said...

    waah zidan..

    eniwei..sukses lombanya & met wiken yah :)
    9:46 PM  
    Anonymous sa said...

    pr buat bunda nih. :)

    makasih udah ikutan lomba 17-an blogfam ya.
    6:05 AM  
    Anonymous JaF said...

    Aduh abang.. Apasal tak nak jadi orang Indonesia, ni..

    Saya ngalamin tahun lalu mbak. Kebetulan pas lagi pulang ke Indonesia. Pas 17an si kecil saya ikut lomba sepeda hias, tapi ngotot minta bawa bendera Singapura. kekeke..


    ehh... daku kan lagi jadi juri ya..
    permisi.. juri numpang lewat...
    2:06 AM  

    Post a Comment

    << Home




    Daisypath Ticker