About Me

Bunda Zidan & Syifa
Mom with two kids. 32. Tukangjalan. Tukangbelanja. Tukangkue. Tukangroti. Tukangmakan. ;)
YM: inong99
email: inong99@yahoo.com

View my complete profile

Loket Kadeudeuh WSAB
Subscribe with Bloglines

Blog DapurBunda
Blog PuisiBunda

Previous Posts

Archives
Little Break



My Idol 2006


  • Little Chat
    Name :
    Web URL :
    Message :
    :) :( :D :p :(( :)) :x
    Credits
    Design by :


    Community

    Photobucket - Video and Image Hosting

    WSAB

    BlogFam Community

    Indonesian Muslim Blogger

    Blogfam Online Magazine

    Image hosted by Photobucket.com

    Solidaritas untuk anak Indonesia

    IndoSing-Mums


    Powered by Blogger



     Monday, March 07, 2005 
    Donat Bunda


    Sore ini hujan nggak turun, alhamdulillah semua jemuran bisa kering. :) Hmmm, enaknya sore cerah begini anak2 dibuatin apa ya? Pengen yang gampang dan cepat aja. DONAT! Iya nih udah lama juga gak buat donat. Jadi inget temen Bunda yang mau bikin donat aja nunggu moodnya datang, dan sampai sekarang kayaknya nggak datang2 tuh Mrs.Moodnya, soalnya belum ada laporan wangi donat yang ngepul dari dapurnya. *wink*

    Buat donat gak susah, yang susah ngadoninnya. Nguleninnya mesti pakai tenaga. Alhamdulillah mixer Bunda yang sekarang udah jago diperintah untuk ngulenin adonan donat sampai kalis dalam waktu singkat.

    Ini Bunda langsung tulis resepnya ya, biar yang pengen buat bisa langsung praktek di dapur masing2, ini resep warisan Ummi. Sebenarnya Ummi kalau buat donat gak pernah ditimbang2, langsung bruk bruk.. ulenin.. jadi.. tapi Bunda buat resepnya supaya kalau mau buat donat empuk gak usah nunggu Ummi datang, hehehe.

    DONAT BUNDA ZIDAN&SYIFA

    Image hosted by Photobucket.com

    Bahan:

    500 gr cakra kembar/tepung protein tinggi/tepung utk buat roti
    5 butir kuning telur
    100 gr gula halus
    100 gr mentega/margarine
    200 ml air matang hangat kuku
    1 sdt garam
    1 sdt vanili bubuk
    1 bungkus ragi instant (fermipan/haan)

    Cara membuat:

    - Masukkan semua bahan dalam satu wadah, kecuali air.
    - Aduk rata (kalau pakai mixer gunakan speed 1)
    - Masukkan air sedikit2, sambil tetap diaduk.
    - Kalau sudah masuk semua, uleni terus sampai kalis/tidak lengket di tangan. (Mixer: gunakan speed 2/3)
    - Jika sudah kalis, tutup dengan kain basah kira2 30 menit.
    - Setelah mengembang, kempiskan. Lalu buat bulat2 (kira2 5-6gr) dan lubangi tengahnya dengan jari.
    - Goreng dengan minyak panas sedang sampai coklat keemasan.
    - Hidangkan dengan taburan gula donat (gula halus yang rasanya dingin) atau meisjes.

    Tips:
    - kalau tidak ada tepung protein tinggi, coba gunakan tepung terigu biasa yang sudah ditambahkan dengan baking powder 1-2 sdt/500gr.
    - kalau adonan masih terlalu lengket di tangan bisa ditambah dengan terigu sedikit2. Hati2 kebanyakan nanti donat jadi keras!
    - sebaliknya kalau terlalu keras bisa ditambahkan mentega secukupnya.
    - donat ini termasuk kue yang 'tangan2an', artinya belum tentu semua orang bisa buat dan langsung jadi (yang ini sih pengalaman pribadi, hahaha!) tapi gak ada kata gagal kan?

    Hidup Donat!

    Nah, ini nih anak2ku, belum dikasih gula halus atau meisjes aja udah habis sepiring. Sengaja utk mereka dibuat lebih kecil, kid size. Hehehe. Gak papa yang penting akur ya, Anak-anak?

    Image hosted by Photobucket.com


    Selamat mencoba!
    posted by  on 10:18 PM 
    4 Comments:
    Anonymous Cabe Keriting said...

    Itu di foto terakhir kok donatnya kecil2 kayak Munchkin ?
    9:48 AM  
    Anonymous dek Opal said...

    waduh bunda kak zidan kok tau ya kalo dek opal lagi pengen donat..bunda, itu adonannya gag perlu dibanting-banting dulu?? abis setauku kalo bikin donat ada acara banting membanting...
    2:47 PM  
    Blogger S-U-S-A-N said...

    Bunda, kemarin2 saya bikin donat tp hasilnya kurang memuaskan, agak 2keras gitu..jadi ngga berani nyoba lagi :( hehe
    3:22 AM  
    Blogger BundaZidan&Syifa said...

    Utk Cabe Kriting>> Iya, itu versi anak2, jadinya sengaja dibuat kecil2.. hehehehe

    Utk dek Opal>> Iya kalau nggak punya mixer besar, ngadonin donatnya mesti pakai tenaga, diaduk2, diulenin, sampai kalis, dibanting2 pelan, sampai benar2 jadi adonan roti yang tidak mudah sobek. Coba terus ya...

    Susan>> Ayo cobain deh resepku, sambil dibuat sambil inget2 aku, ntar jadinya bagus deh, hahaha.
    5:56 PM  

    Post a Comment

    << Home




    Daisypath Ticker