About Me

Bunda Zidan & Syifa
Mom with two kids. 32. Tukangjalan. Tukangbelanja. Tukangkue. Tukangroti. Tukangmakan. ;)
YM: inong99
email: inong99@yahoo.com

View my complete profile

Loket Kadeudeuh WSAB
Subscribe with Bloglines

Blog DapurBunda
Blog PuisiBunda

Previous Posts

Archives
Little Break



My Idol 2006


  • Little Chat
    Name :
    Web URL :
    Message :
    :) :( :D :p :(( :)) :x
    Credits
    Design by :


    Community

    Photobucket - Video and Image Hosting

    WSAB

    BlogFam Community

    Indonesian Muslim Blogger

    Blogfam Online Magazine

    Image hosted by Photobucket.com

    Solidaritas untuk anak Indonesia

    IndoSing-Mums


    Powered by Blogger



     Tuesday, July 19, 2005 
    I'm a mother, not (just) a housewife..
    Image hosted by Photobucket.comHal yang paling membahagiakan dalam hidup ini (ciee bahasanya...) adalah kalau Abang sama Adek lagi akrab. Walau cuma beberapa menit setiap saatnya, tapi seneng banget ngeliatnya. Kebayang deh, kalau mereka lagi 'perang'.. Oh nooo... Kepala Bunda langsung nyut-nyutan, terus mulai deh keluar asap, dan terakhir tanduk merah! Huahahaha.. hiperbolis bener..



    Image hosted by Photobucket.comIntinya sih cuma karena iseng dan jail, misalnya si Adek lagi santai2 kayak gini nih tau2 si Abang datang, colek2 lah, atau goda2in apa kek, yang bikin Adek jadi marah, udah gitu sekarang Adek udah berani ngebales, dan kadang mah galakan Adek dari Abangnya, ujung2nya Abang yang nangis... Huaaaa.. dipukul Adeeeek...!! Lah lah.. yang mulai siapa yang nangis siapa.. Bunda cuma bisa geleng2 aja deh kalau udah begini..

    Tapi emang iya sih, sebagai ibu-yang-bekerja-di-rumah, dari dua anak yang lagi aktif2nya, ternyata bener2 berasa dapat tantangan hidup yang kalau dipikir jadi lumayan berat, makanya jangan dipikir, biarin aja deh, emang udah masanya kali. Jadi inget, jaman2 Bunda juga masih berantem gak penting sama Oom Agus, hahaha. Pantes aja dulu Ummi juga suka marah-marah gak jelas juga ya. Ampun ya Mii.. kebales deh sekarang lewat cucu-cucunya Ummi. *jadipengenmalu*

    Alhamdulillah Bunda dikasih kesempatan untuk ngebesarin anak2 sendiri. Nggak perlu ditinggal2 dalam waktu tertentu. Tau sedetil2nya perkembangan mereka dari bayi sampe segini gede. Selalu menjadi saksi pertama dari setiap moment perkembangan mereka. Ya itu deh kelebihannya ibu yang stay di rumah. Walau masih ada aja bisik2 tetangga, eh maksudnya bisikan miring dari kanan kiri yang menganggap enteng pekerjaan ibu di rumah. Jangan salah lho, pekerjaan kami 24 jam, gak ada habisnya, kalau mau diitung bosen mah ya bosen, tergantung gimana kita cari variasi dan menikmatinya aja. Jadi bisikan2 miring kayak begitu ya didenger selewat aja.

    Contohnya..

    "Lo gak sayang udah sekolah tinggi2 tapi gak kepake?"
    "Gue sekolah tinggi emang buat bekal ngegedein anak gue kok.." Hehehe..

    atau..

    "Ibu rumah tangga kan cuma bisa duduk santai, pegang remote TV sambil nonton telenovela or sinetron.. gak bosen?"
    "Gue lebih bosen sama orang2 yang cuma bisa negative thinking ttg ibu rumah tangga, kayak elo-elo gini.." Hihihi...

    Pokoknya banyak banget deh omongan yang Bunda dapetin, nggak jauh2 kok, dari temen2 sekitar juga banyak. Malah pernah ada di satu milis yang bikin statement bahwa Working Mom is always one step ahead than FTM. Daaan.. bisa dibayangkan bagaimana bagaimana para FTMs 'menggempur' beliau saat itu. Hihihi.. seru banged deh..

    Bunda coba kutip sedikit gambaran tentang seorang FTM yang Bunda dapat dari satu milis:

    Full Time Mother.
    24h/shift/day,
    7 days/week,
    52 weeks/annum,
    no leave,
    not even a sabbatical one,
    no day off,
    no promotion,
    no salary increase,
    much more unpaid overtime,
    with dazzling prerequisite as book keeper and accountant,
    cook chef,
    inspector for the children,
    policewomen for overspeeding in speaking, manners, courtesy and self confidence,
    teacher cum coach plus honorable walking dictionary,
    tv-video-games watchdog,
    mechanic for any trouble or disruption of toys, children gadgets and shoe lace problems,
    lost and found duty manager for any missing-things-in-the-house,
    children version bible translator,
    paramedics plus peacemaker in most emergency cases at home and between every quarrel,
    manager of all topsy turvy bedrooms plus messy livingroom and pets (if any),
    laundry and cleaning manager,
    housekeeper,
    instant alarm for 5.15am except during holiday, and many more.

    So much qualification which need a lot of encouragement, tender loving care approach, peaceful mind warm heart and strong bones yet sensitive heart to probe a teardrop hassle in homeworks and fussy sleep, and a positive attitude towards every inch of children steps roaming into their world.

    W.O.W!! Kalau emang bisa dinilai semua pekerjaannya, berapa ya bisa minta gaji ke atasan? Hahahaha.. Gak mungkin lah bisa dibayar dengan uang. Yang paling penting adalah, anak2 sehat, suami bahagia. Ya memang gak sesimple itu, tapi ngeliat mereka tidur dengan senyum aja udah bikin kita ikhlas ngerjain semuanya.

    Ngomong-ngomong soal FTM (Full Time Mom) atau SAHM (Stay At Home Mom) vs Working Mom mah gak akan ada habisnya. Banyak pro kontra, banyak polemik. Yang ada malah kesimpulan2 yang gak penting banget. Yang emang udah begitu adanya. Gak perlu diperpanjang, karena harus dijalanin. So, kenapa kita gak berjalan beriringan aja, saling melengkapi yang kurang, saling menutupi yang lebih.. Lebih indah kan?

    Kemarin2 ini sempat ngitung2 kalau hiring pembantu untuk datang at least once a week. Ternyata mesti bayar sekitar S$30 per datang/3 jam. OMG! Apa sih yang bisa dikerjain selama 3 jam oleh mereka? Ya sudahlah, bismillah aja.. Insya Allah bisa selancar di Jakarta ya. Sambil udah siap2in berkarung2 permohonan maaf nih untuk Ayah dan anak-anak. Kali aja Bunda gak bisa semaksimal yang mereka harapkan. Maklumlah, Cinderella juga bilang, "tanganku hanya duuuaaaa..." Hihihi... *dalamrangkamencaripembelaandiri*

    Image hosted by Photobucket.comOya, hari ini Abang mimisan, kecapean kali dia.. udah lama juga gak mimisan. Tapi dia mah santai2 aja, udah tau, begitu darah keluar dari hidung, langsung berbaring serendah mungkin, baru teriak panggil Bunda. Bunda juga harus siap untuk sumpel tissue di lubang hidungnya. Ya jadi begini deh tampilannya, not too bad, right? Keep smiling, Man! Hehehe..
    posted by  on 9:36 PM 
    15 Comments:
    Anonymous Anonymous said...

    Wah saya dapat kesempatan kasih komen yang pertama nich:). Bunda zidan, dulu saya pernah ditanya tentang ‘occupation’ saya oleh seseorang. Saya jawab JUST a homemaker. Surprisingly dia merespon “how noble you are it’s not a JUST job”. Suatu respon yang cukup mengejutkan utk saya. Dulu saya mengerjakan proyek yang kalo ada kesalahan ditanggung bersama dengan team, kena marah bos or paling banter dipecat dari kantor. Sekarang ‘proyek’ yang saya kerjakan rewardnya ruar biasa..kalo sampai gagal dan kena marah ‘BOS’ saya nggak akan sanggup utk menghadapinya. (naudzubillah). So, indeed FTM is not JUST a simple occupation anyone can bear. Maaf yach utk yang ga setuju...
    11:21 PM  
    Anonymous Anonymous said...

    Bun, yg pasti bukan aku yg ngomong kan bun ;) hi..hi.., soalnya kalau ada yg ngomong2 soal FTM, aku suka sedih..bukan apa2..aku jadi inget ibuku. Dia FTM, aku liat bener kalau kerjaan FTM itu 24jam, nggak ada habis2nya dan nggak ada berhenti2nya.., jadi suka kepikiran kalau aku FTM bisa nggak sekuat itu..he..he.., tapi ya, sudahlah..kan ada jalannya masing2 ya.., :)

    soal ribut abang-adik, hikkss..nggak beda ya ama ayra-alby. Alby jg gitu meski keliatan kecil gitu..jailnya nggak beda dgn abangnya.., pernah saking gemesnya ayra belum bangun jg, digigit kakinya..huuuaaaa.., abang menjerit dan nangis..heboh..heboh.., terus nanti minta maaf, berpelukan..hiii lucunyaaa..hi..hi..jadi panjang deh, bun.. :)
    1:45 AM  
    Blogger Zubia and Yusuf's Mom said...

    yo wis mbak..emang ndak usah dibahas aja ya..pokokna mah hidup FTM!!! hehehe

    Waa mbak dua aja udah repot ya, saya dulu maunya 10, sebelas plus bapaknya jadi bisa maen bola hehehe. Si Abang mimisan masih sempet aja gaya di kamera heheh, gemes deh tante..

    Mbak Inong, bener loh mbak...salah satu doa saya:P semoga suatu saat saya bisa ketemuan sama mbak Inong, dan banyak-banyak menimba ilmu dari mbak...amiin. Ada rencana ke Jerman ndak sih mbak??
    Kalo semua serba dikerjakan sendiri, sama kayak di sini nih mbak..paling butuh waktu penyesuaian aja mbak, insyaAllah ntar juga terbiasa..

    Sun sayang buat si abang dan kakak Syifa:D
    8:13 AM  
    Blogger ~Bunda ShaHaRee~ said...

    hi mba, klo aku mah saluts bgt ama FTM, suerrr hehehe ... skr sih tetep byk2 mensyukuri aja wlpun blm bs jd FTM, Insya Allah semuanya sama dimata Allah ya mb ;-)
    btw, cerita jail menjahilin sih emang udah jd 'trend' balita ya, samaan tuh skr Hafiz udah lebih berani 'membalas' kakaknya hehe .. moga2 semuanya klo dah pindah lancar2 aja ya ... amin
    8:34 AM  
    Anonymous Anonymous said...

    jadi FTM atau jadi ibu yang bekerja itu pilihan ya bun... setiap orang pasti punya reason dalam nentuin pilihannya masing2
    dan setiap pilihan pasti ada positif negatifnya, tinggal gimana kita nyikapinnya aja...dan buat ei, baik FTM maupun ibu yang kerja, dua2nya punya kesempatan yang sama buat menempati posisi terbaik di mata 4JJ I dan anggota keluarga ;)
    9:57 AM  
    Blogger Dini said...

    Bunda *nada curhat*... justru setelah punya anak baru kerasa, jadi FTM tuh berat banget...saya justru suka cari-cari waktu untuk keluar hanya untuk sendiri, capek bun... begitu harus masuk kantor lagi, ya dalem hati seneng juga sih, tapi pas di kantor kok ya gak tenang? *garuk-garuk kepala sambil nyengir* Makanya SALUT banget buat FTM!!! *thumbs up* ;-)
    10:14 AM  
    Anonymous Anonymous said...

    Aduh Bunda Inong...daleeemmm banget sih quote nya ttg FTM..hiks..hiks pokoke aku mah salut deh sama mommies yg bukan hanya berpendidikan tinggi tapi very intellegent yg memutuskan untuk jadi full-time-mother dan mau berbagi ilmu sama kite-kite.Ceileee..suit..suit!! Pokoke Four Tumbs deh (yang 2 jempol kaki yah!!)
    11:12 AM  
    Blogger tyas said...

    bunda, siapa tuh yang berani bilang kalo working mom always a step a head daripada Full Time Mother atau Stay at Home Mother? Berani2nyaaa...
    Jujur, aku ngiri sama FTM atau SaHM. Jadi FTM kan gak membuat seorang ibu cuma jadi pengangguran dan beban buat keluarga, itu jelas. Justru anak yang sekolah dan suami yang bekerja kalau pulang pasti nyari sang FTM/SaHM untuk curhat, melepaskan beban yang mungkin dirasakan pada saat meninggalkan rumah.

    Mba', bahagia sekali ya bisa jadi FTM. Saksi pertama perkembangan buah hati. Iriiiiiii... :((
    Become a FTM..it's my goal, doakan semoga bisa cepat terlaksana :)
    11:24 AM  
    Anonymous Anonymous said...

    waduh bun, postingannya kali ini agak mellow yah hiks.. bunda inong tambah bikin ngiriin working mom lageee.. aku pengen banget someday kayak bunda inong, stay at home, watch over the kid, but still making money he..he..

    abang adek berantem mulu yah.. emang yang biasa menang tuh adek hi..hi..aku dulu selalu nangis kalo udah kena jotos adekku :D
    4:48 PM  
    Anonymous Anonymous said...

    ayo, kamu bisa! dikau pasti bisa lah nong, paling butuh waktu aja, hayo tarohan pasti inong bisa, lho kok malah ngajak tarohan?:-)

    soal FTM vs WM mah kalo diomongin gak ada abisnya ya, tiap kali muncul di milis juga pasti selalu rame aja yang nanggepin hehehe

    kalo aku sih semuanya tergantung si ibuk & keluarganya itu sendiri, mo jadi FTM ya monggo, jadi WM juga silahkan, yang penting do your best! okeh?
    4:58 PM  
    Blogger TomInta family said...

    Nu penting mah Ridho Lilahita alla ya Nong... Insya Allah apapun keputusannya akan jadi manfaat buat keluarga dan diri sendiri.
    Soal ndak pake pembantu ndak usah kuatir Nong... Insya Allah diniatin mah bisa kok.
    Dont Worry you have your "tampolong" if you want to "curhat" :)
    Ayo nong.... satukan Niat bulatkan Tekad... Insya Allah segala bisa disiasati.
    10:14 PM  
    Blogger maya said...

    aduh bun, aku sedih deh kalo membaca tulisan FTM dilecehkan, soalnya aku ngalamin sendiri, ngurus anak dan rumah tangga itu ngga gampang. kalo boleh milih, aku pengen kerja aja deh, atau minimal punya pembantu, jadi kalo aku capek, ada yg nggantiin. tapi kan gak mungkin?

    aku ada cerita nih bun, tapi ttg seorang ibu bekerja, yg tidak bisa memanage kehidupan keluarganya, shg anaknya terlihat kurang tahu aturan, dan tidak terkontrol. kasian deh bun, yg jadi korban anak2. biarpun ibu berpendidikan tinggi, bisa sewa baby sitter, anak disekolahkan sejak dini, tapi tetap terlihat kurangnya sentuhan seorang ibu dlm diri mrk. mangkanya aku bersyukur bisa pegang anak2ku sendiri dng dua tanganku. biar deh pendidikan gak tinggi2 amat, tapi aku berusaha menjadi yg terbaik bagi anak2ku. doakan ya bun ...
    3:20 PM  
    Anonymous Anonymous said...

    Nong, kenapa juga baru kepikiran tentang omongan miring orang setelah bertaun-taun menjalankan profesi mulia SAHM ?
    haree gene dah ga musim deh dengerin omongan orang, hehe...
    Kalo aku sih selalu jawab "saya beruntung diberi kesempatan memilih menjadi SAHM, banyak orang yg tidak seberuntung saya" hehehe...lah omongan orang mah kalo didengerin bikin panas teu pararuguh.
    9:06 PM  
    Blogger bunda-arka said...

    bunda..salam kenal ya...
    wah aku malah pengen mamaku jadi full time mother aja deh,d ari pada jadi working mom..
    kan kangen,abis mamaku berangkat pas ade-ku yang terkecil masih tidur, dan pulang waktu adeku udah tidur..kasian mama.
    syifa sama zidan beruntung sekali loo punya mama seperti bunda:)
    5:37 PM  
    Anonymous Anonymous said...

    bunda inong..
    aku working mom yg salut, iri & pgn someday jd FTM, tp kl bisa sih pgnnya bukan jd sekedar FTM spt yg cuma bisa pegang remote TV tp FTM ala bunda inong..mknya skrg lg seneng baca2 blognya bunda..spy ntar pas jd FTM siap mental (butuh sabar yg jauh lbh bnyk drpd kl jd working mom kerja) & bisa ngasi bguna buat org banyak jg..
    utk skrg yg bisa aku usahain, kerja ga ganggu tugas jd bunda..:)
    10:26 AM  

    Post a Comment

    << Home




    Daisypath Ticker