About Me

Bunda Zidan & Syifa
Mom with two kids. 32. Tukangjalan. Tukangbelanja. Tukangkue. Tukangroti. Tukangmakan. ;)
YM: inong99
email: inong99@yahoo.com

View my complete profile

Loket Kadeudeuh WSAB
Subscribe with Bloglines

Blog DapurBunda
Blog PuisiBunda

Previous Posts

Archives
Little Break



My Idol 2006


  • Little Chat
    Name :
    Web URL :
    Message :
    :) :( :D :p :(( :)) :x
    Credits
    Design by :


    Community

    Photobucket - Video and Image Hosting

    WSAB

    BlogFam Community

    Indonesian Muslim Blogger

    Blogfam Online Magazine

    Image hosted by Photobucket.com

    Solidaritas untuk anak Indonesia

    IndoSing-Mums


    Powered by Blogger



     Monday, March 28, 2005 
    Eh Boh Timon

    Hihihi.. pasti mikir deh, apa sih arti judul di atas. Itu bahasa Aceh, bahasanya Kakek (baca: papanya Bunda). Arti sebenarnya adalah: Es Buah Timun, (catatan: konon orang Aceh susah nyebut huruf S) atau kata Ummi mah Es Bonteng (catatan: orang Sunda nyebut Timun = Bonteng), lain lagi kata Oom Agus, dia nyebutnya Es Aya Keneh. Hahahahaha..

    Kalau ini mah ada ceritanya, jadi jaman dulu (soalnya asli gak tau kapan istilah ini tercipta) kalau bulan Ramadhan, Ummi kan suka bikin es ini untuk buka puasa, dulu Bunda gak doyan lho, gak tau kenapa. Kebetulan jatahnya Oom Agus udah habis duluan, terus dia tanya lagi ke Ummi, "Mah, masih ada gak es yang tadi?" Terus Ummi tanya ke orang2 di dapur. Mereka pada teriak, "Aya keneh, Bu!" (baca: masih ada, Bu!) Jadi sejak itu Oom Agus nyebutnya Es Aya Keneh. Dan istilah ini hanya ngetop di kalangan keluarga kami. Hihihi.

    Image hosted by Photobucket.com Nah, tiba-tiba aja siang ini Bunda pengeeen banget minum es ini. Untungnya tadi tukang sayur langganan Bunda bawa timun masih seger2, jadi deh hari ini kita bikin Eh Boh Timon.
    Pleus brownies keju.
    Hmmmm.. top markotop deh ih!



    Es Buah Timun

    1/4 kg timun segar, diparut kasar.
    200 ml simple syrup
    air dingin
    es batu secukupnya

    Simple syrup:
    200 gr gula pasir
    200 ml air
    1 sdt vanili
    campur gula, air dan vanili, aduk rata, didihkan sampai gula larut. Dinginkan.

    Cara membuat :

    Tuang simple syrup ke dalam parutan timun. Aduk rata.
    Beri air hingga manisnya cukup.
    Masukkan es batu. Hidangkan.

    Pas es-nya siap, pas Oom Agus datang ke rumah Bunda. Waktu Bunda minta dia utk cicipin sedikit, eh malah habis segelas. Uuuuh!

    posted by  on 8:08 PM 
    4 Comments:
    Blogger Shendy said...

    nah kalo resep yang ini mah kayakna 'moal hese' dicobian..:) btw, mom Inong urang sunda kan??

    kemaren aku praktekin resep tiramisunya.. tapi kue sponge coklatnya "bantat" neh..hiks..hiks..
    3:12 PM  
    Blogger CameLie said...

    Mangat that :D
    5:52 PM  
    Anonymous Cabe Keriting said...

    Timon itu bukannya punya temen namanya Pumba ? hihihi ... hakuna matata dooong
    10:21 PM  
    Blogger familjen dettmer said...

    duh ngiler juga nih ngebayangin rasanya bun :)

    pengen coba ah tapi klo disini udah panasan kali ya.... ;)
    11:43 PM  

    Post a Comment

    << Home




    Daisypath Ticker